Model Malam

apa kalian tau apa itu dental wax atau malam ?
dental wax atau malam adalah salah satu bahan kedoteran gigi yang mirip seperti lilin, tetapi mengeras pada suhu kamar dan akan melelh jika dipanaskan. Dental wax ini dipergunakan untuk membuat model malam.
Model malam tersebut biasanya akan dipergunakan untuk keperluan membuat pola dan untuk pencatatan relasi rahang dalam bentuk gigi tiruan.
yah begitulah pokoknya.


Nah, di BLOK 3 ini kami ada skill lab membuat model malam gigi insisivus (seri) dan molar (geraham).

Pada skill lab pertama, kami disuruh untuk membuat gigi insisivus.
alat yang kami gunakan buat bikin model malam itu :
  • brender
yah semacam spiritus gitu












  • pisau malam, pinset, dan pisau model



















Diliat sih ya, kayanya gampang. Soalnya yang dibikin kecil aja, cuma satu gigi.
Eh eh eh ternyataaaa setelah dilakuin, masyaa Allah.. it's not easy guys !!
jariku aja sempat kebakar sedikit sm api di brender, waktu manasin malam (dental wax) nya itu -_-
tapi untung lah gapapa -_-
dosen ku ada yang bilang gini, "bayangkan kalian itu menjadi seorang pemahat"
oke, challenge accepted.
Aku mulai bekerja dan membayangkan aku adalah seorang pemahat.
waktu malam yang aku bikin udah mulai berbentuk gigi (padahal sebenarnya masih kotak -_-) aku konsul sama dosen instruktur kelompokku.
terus kata beliau, "apa ini, cingulumnya belum kebentuk. servikalnya juga masih kurang, mesial distal nya juga masih kelebihan. kaya gini loh caranya"
apakah anda bingung dengan istilah-istilah di atas? ternyata SAMA !! hahahahaha :D
ga deng, mesial distal itu bagian samping2 gigi, kalo servikal itu bagian bawah yang deket gusi, nah kalo cingulum itu tonjolan yang adanya dibagian belakang pada gigi seri. :)

intinya bikin model malam ini harus bener2 telaten, sabar, dan harus EKSTRA HATI-HATI.
karena ya malam ini kalo jatoh bisa patah, ditarik aja bisa patah.
dan itu terjadi pada diriku. Bayangkan, aku sudah bikin gigi insisivus itu dengan kerja keras, nah waktu aku coba ngelepasnya dari rahang model study tiba-tiba aja bunyi 'KRETEK'
malam itu begitu saja patah, dan terpaksa aku harus mengulang T.T
bikin satu gigi aja perlu 2 kali pertemuan, dan 1 kali pertemuan 3 jam lebih.
ini benar-benar ga gampang -.-
ini nih hasil bikinanku :
yang biru-biru itu bikinanku
kemudian pada saat skill lab membuat model malam gigi molar, aku lebih menikmatinya. Aku lebih seneng aja bikin yang molar ini. Gatau kenapa aku lebih cepet bikin yang molar dibanding bikin insisivus.
dan ini hasilnya.
molar
over all, i love it :3
aku suka sama skill lab yang satu ini, keahlian kita dalam mengukir dipakai disini.
dan itu asyiknya :D

OSCE (ujian skill lab) model malam ini ntar tanggal 9 April, dan ujiannya itu cuma dikasih waktu 3 jam untuk bikin satu gigi.
Ya Allah, semoga bisa, dimudahkan dan dilancarkan.
aamiin :3
oke, cukup sharingnya dari aku. bye :)

Salam Penulis
Minggu, 25 Maret 2012
Gusti Gina Permata Sari

You Might Also Like

4 comments

  1. Sumpah gin serem . apalagi gigi rusak semalam aaa hhaha

    stop motion pliss haha

    BalasHapus
  2. itu ga ada serem2nya sama sekali antraaaa -_-

    makanya cpet balik plisss haha

    BalasHapus