Ekspedisi Pulau Pinus

Kalian tau pulau pinus dimana?
Bagi yang belum tau, akan aku perkenalkan terlebuh dahulu, pulau pinus itu terletak di riam kanan, tepatnya di kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.
Pulau yang terdapat di antara danau buatan di Riam Kanan.

Nah, pada hari Sabtu, 6 Juli 2013. Aku bersama anak-anak Hippocampus (salah satu organisasi kepenulisan di kampusku) berangkat kesana.
Tujuan kami adalah untuk memperakrab antar pengurus, dengan kata lain sejenis acara liburan bareng.
Dan Pulau Pinus lah yang akhirnya dipilih, karena jaraknya yang lumayan dekat.
Kalau dari Banjarmasin, untuk ke Riam Kanan sendiri kita hanya perlu waktu 2 jam, dan kemudian untuk menyeberang ke Pulaunya ditempuh dengan waktu kurang lebih 30 menit.

Selama perjalanan ke Riam Kanan, kalian akan disuguhkan pemandangan indah sawah dan kemudian pegunungan. Ah sudah lama aku tidak melihat pemandangan ini. Subhanallah deh pokoknya. Setelah menempuh perjalanan dengan mobil ke Riam Kanan, kita akan sampai ke tempat pelabuhan "kelotok" atau perahu. Nah, kita harus menyewa kelotok untuk sampai ke pulau seberang, dan 1 kelotok yang kami sewa kemaren cukup untuk memuat sekitar 20'an orang.

Dan perjalanan di atas kelotok ini yang menjadi favoritku X)
Pertamanya aku takut, goyang-goyang (yaiyalah -_-) karena aku baru pertama kali naik kelotok. Ke pasar terapung aja aku belum pernah -_- (poor me).
Walaupun awalnya takut, tapi lama kelamaan aku sangat menikmati perjalanan ini.

Aku sendiri baru pertama kali ke tempat itu, dan kesan pertamaku adalah : SUMPAH !! TEMPAT INI KECE BANGEET !!

Subhanallah banget lah, selama perjalanan di atas kelotok, kita akan disuguhi pemandangan indah hutan-hutan dan pegunungan, keren banget menurutku. Aku akhirnya merasakan berada di alam seperti acara vacation di TV TV biasanya. hahaha.
Pada saat perjalanan di dalam kelotok, aku disuruh temanku untuk duduk di belakang, karena di bagian belakang dan depan kelotok tidak ada atapnya. Jadi kalau kalian duduk disitu, pemandangan akan terasa luar biasa indahnya, Juga bagus buat foto-foto :D

Salah satu hasil jepretanku :) 

hasil jepretan dari kamera fariz :)

view yang akan kalian lihat dari dalam kelotok

 ngalay dulu :p

narsis lagi :p haha

Oia satu lagi, disitu hanya provider telkomsel yang ada sinyalnya, sedangkan provider lain? ucapkan good bye untuk dunia luar. haha
dan ini asyiknya, sinyal hilang, dan kita terputus dengan dunia luar, ini artinya kita akan benar-benar fokus menikmati perjalanan ini :)

Sesampainyaa di pulau pinus, akan tampak banyaknya pohon pinus (yaiyalah, namanya aja pulau pinus -_-)
kesan pertama, disini sejuk, nyaman, dan aku sangat suka udara disini.


guys, this place really awesome. Di ujung sebelah sana, ada danau lagi, dan view yang akan kalian dapat sangat luar biasa keren.

 beautiful view in Pinus Island

another view

hello world! haha
-taken by Enny-

the boys :) 
-taken by Ardi-

me and melinda
-taken by Ari-

enny-maya-melinda-me
-taken by Ari-


nice view
-taken by Ari-

favorit :) taken by Ari
tengs buat tiang sudah menghalangi mukaku -_-

-taken by Ari-


gayaku random banget -_-
-taken by Ari-


ardi-qayyum-fariz

Di pulau pinus itu juga terdapat sebuah desa, yang jumlah penghuninya kurang lebih 100'an orang. Pedesaannya tersebut terletak di seberang dari pulau yang kami singgahi tersebut, dan jaraknya lumayan dekat dengan disambungkan oleh sebuah jembatan kayu. Tapi sayang, pada saat itu, jembatannya terputus karena sebelumnya ada bencana angin puting beliung di daerah itu. Jadi, alternatif warga untuk menyeberang adalah dengan menggunakan perahu kecil.


anak-anak bermain di jembatan yang putus
-taken by Ari-

Setelah puas menjelajah pulau pinus dan mewawancarai warga, kami pun bersiap-siap pulang sekitar pukul 17.30 wita. Dan kami akan menyeberang kembali bersama dengan kelotok yang sudah disewa tadi.
Di atas kelotok, aku memutuskan untuk duduk di belakang lagi. Karena disitu kita bisa dapat spot yang oke buat jepret-jepret :D, tapi sebenarnya kalau kamu berani naik ke atas atap kelotok, kalian akan dapat spot yang lebih kece lagi. Tapi sayang aku tidak seberani itu ._. Cuma melinda dan Ari yang berani naik ke atap kelotok.
Dan hal "gila" yang aku lakukan bersama Yuni di belakang kelotok adalah, kami tiduran disana! Oh meen, itu sempit banget kalo buat berdua, di samping kiri kanan ga ada penghalangnya, kalo salah-salah bisa nyebur tuh ke danau.
tiduran dibelakang kelotok
Ari jepretin kami dari atas atap kelotok

lagi dan lagi sempetin buat foto diri sendiri haha

 suasana di dalam kelotok
-taken by fariz-

enny-aku-yuni
-taken by ardi-

-taken by Ari-
di atas kelotok nih

Sangat menyenangkan perjalanan ini, apalagi bersama mereka :3
Ternyata di kalimantan selatan pun banyak tempat-tempat indah yang belum aku ketahui.
Sekian cerita vacationku :) bagaimana dengan kalian?


Salam Penulis
Minggu, 14 Juli 2013
Gusti Gina Permata Sari

















-taken by Ari-

You Might Also Like

7 comments

  1. Gina sialan kamu sukses bikin ngiri -_- Parah hahaa

    kapan mau jalan2 ? ajak2 aku dong :p

    BalasHapus
  2. kayaknya aku udh pernah ke sini deh dulu waktu kecil, udh lupa tempatnya gimana -_- *abaikan

    ayoo jalan2 di kalsel, pantai angsana yuks :3

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. ^ Pantai Angsana apaan tuh kaka ? Ikutan dong hhha :D

    BalasHapus
  5. ayooo tucheee antraaa kita jalan-jalan bareng :3 nanti kita atur pas kalian udah balik sini :3

    BalasHapus
  6. Tuche balik tanggal berapa ? eh mau ngajakin viax dianya ke padang hha

    BalasHapus
  7. aku udh di bjb ntraa :D
    setuju gin, nanti ketemuan langsung aja yuk buat diskusiin agenda jalan2 ini :3

    BalasHapus