misi pengabdian masyarakat 1

Akhirnya tulisan ini diposting juga setelah sekian lama terpendam di folder draft.

Beberapa pengabdian masyarakat yang sudah dilakukan oleh Himpunan di program studiku yaitu penyuluhan kesehatan gigi dan pemeriksaan gigi gratis.

Misi pertama dilaksanakan pada hari Jumat, 24 Mei 2013.
Target penyuluhan kesehatan gigi ini yaitu siswa siswi Taman Kanak-Kanak.
Mengapa? Karena pendidikan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut harus dimulai sedini mungkin, untuk mencegah kerusakan gigi yang lebih parah.
Di Indonesia sendiri, kasus gigi karies merupakan kasus tertinggi untuk permasalahan gigi dan mulut. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk memberikan pengetahuan ini kepada mereka.

TK yang kami pilih yaitu TK Aisyiyah yang lokasinya tidak jauh dari kampus kami sendiri. Sebuah TK sederhana yang beralamatkan di Jalan Kenari.
well, karena yang akan didatangin ini anak-anak, apalagi anak TK. Aku excited banget sama proker (program kerja) yang satu ini. Kebetulan aku diberikan amanah untuk menjadi penyuluh di kelas nol kecil.
and guess what.. ternyata ade-adenya juga sangat excited sama kedatangan kami B)
Ini pengalaman yang sangat menyenangkan! 
Kita tim penyuluh udah nyiapin materi ringan yang bermakna. Yaitu tentang makanan yang baik dan buruk buat gigi, berapa kali harus menyikat gigi, dan cara menyikat gigi yang efektif, dengan menggunakan media berupa poster-poster dan phantom gigi.

toss bersama dulu



ade-adenya excited banget merhatiin waktu aku jelasin cara nyikat gigi 

adenya nyoba cara sikat gigi di phantom

kaka kaka lagi ngejelasin pake poster :3

Di dalam kelas banyak kejadian lucu terjadi, dari anak-anak yang hiperaktif, pemalu, banyak ngomong, sampe yang nangis gara-gara kelahi sama temennya -_- Waktu disuruk unjuk tangan siapa yang mau maju buat nyobain praktek sikat gigi, hampir semuanya angkat tangan. duh, lucu banget pokoknya anak-anak itu.
Setelah pemberian materi dan games di dalam kelas selesai, semua siswa siswi diminta untuk keluar kelas. Mereka semua diminta untuk mempraktekkan secara bersama-sama cara menyikat gigi yang sudah diajarkan tadi di dalam kelas.



bantuin si ade sikat gigi X)

Setelah prakterk selesai, ade-ade diminta buat baris trus kita nyanyi-nyanyi di lapangan. Suka banget ihh sama anak kecil, mereka mengekspresikan apa yang mereka rasakan tanpa ada rasa beban sedikit pun. Sangat lepas, sangat bebas. Jadi rindu masa kecilku dulu.

Habis nyanyi-nyanyi, kita foto bareng, trus mereka masuk kelas dan kami membagikan bingkisan-bingkisan yang kaya ulang tahun itu loh. haha.
Selesailah misi pertama kami. Untuk misi kedua, yaitu pemeriksaan gigi gratis akan saya posting di postingan selanjutnya.

Salam Penulis
Kamis, 25 Juli 2013
Gusti Gina Permata Sari

You Might Also Like

0 comments